SKENARIO MENERIMA
TAMU
Pemeran :
- Khafif Syaifuddin sebagai tamu dari Universitas Negeri Surabaya
- Stevani Rozalin K sebagai resepsionis PT Jaya Sentosa
- Wulansari sebagai penelepon dari PT Bintang Indah
- Aisyatur Rahmah sebagai manajer pemasaran PT Jaya Sentosa
Bapak Khafif dari
Universitas Negeri Surabaya bertamu ke PT. Jaya Sentosa. Pertama,
beliau mendatangi resepsionis. Di tengah percakapan antara Bapak
Khafif dengan resepsionis, ada telepon dari Ibu Wulan selaku kepala
PT Bintang Indah Malang yang ingin mengajak kerjasama dengan PT Jaya
Sentosa untuk melakukan survey di PT Jaya Sentosa karena
perusahaannya akan membeli produknya.
.Setelah percakapan
dengan Ibu Wulan selesai, resepsionis melanjutkan percakapannya
dengan Bapak Khafif. Bapak Khafif menyampaikan kepada resepsionis
bahwa beliau ingin bertemu dengan Kepala bagian pemasaran PT Jaya
Sentosa dengan tujuan mengundang Kepala bagian pemasaran PT. Jaya
Sentosa untuk menjadi pemateri dalam acara seminar tentang “Pemasaran
Produk” di Universitas Negeri Surabaya.
Selanjutnya,
resepsionis menghubungi Kepala bagian pemasaran melalui telepon.
Dalam percakapan itu, kepala bagian pemasaran berkata bahwa beliau
tidak dapat menemui Bapak Khhafif karena ada keperluan di Luar
kantor.
Bapak Khafif datang
ke PT Jaya Sentosa dan menemui resepsionis.
Tamu : (Mengetuk
pintu)
Resepsionis :
Silahkan masuk.
Tamu : Selamat
pagi. (sambil bersalaman)
Resepsionis :
Selamat pagi pak, silahkan duduk. Maaf dengan bapak siapa?
Tamu : Terima
kasih. Saya bapak Khafif dari Universitas Negeri Surabaya
Resepsionis : Baik
bapak Khafif, silahkan mengisi buku tamu terlebih dahulu.
Tamu : Iya
Receptionist :
Kalau boleh tahu bapak ingin bertemu dengan siapa?
Tamu : Iya, saya
ingin bertemu dengan kepala bagian pemasaran
Ada telepon masuk
dari Ibu wulan dari PT Bintang Indah , lalu Receptionist menerima
telepon tersebut
Resepsionis : Maaf
pak, saya terima telepon terlebih dahulu, mohon tunggu sebentar!
Tamu : Iya
silahkan!
Resepsionis :
Selamat pagi.PT Jaya Sentosa, dengan Stevani disini. Ada yang bisa
saya bantu?
Ibu Wulan : Saya Ibu
Wulan dari PT Bintang Indah. Saya ingin mengajak kerjasama dengan PT
Jaya Sentosa untuk melakukan survey di PT Jaya Sentosa karena kami
bermaksud untuk bekerja sama dalam pembelian produk.
Resepsionis :
Baiklah pesan ibu akan saya sampaikan kepada Kepala bagian pemasaran
untuk ditindaklanjuti segera, kami akan menghubungi Ibu secepatnya.
Bisa diinformasikan nomor Ibu yang bisa kami hubungi?
Ibu Wulan : Oh iya,
nanti anda bisa menghubungi kami di nomor 085731099103
Resepsionis :
Terima kasih ibu wulan. Apakah ada hal lain yang ingin disampaikan?
Ibu Wulan : Saya
kira cukup, besar harapan kami kepala bagian pemasaran untuk menerima
kerja sama ini.
Resepsionis : Baik
Ibu, terima kasih atas informasinya.Selamat pagi
Ibu Wulan : Iya
terima kasih.Selamat pagi. (menutup telepon)
Resepsionis :
(Meletakkan gagang telepon)
Lalu Resepsionis
melanjutkan percakapan dengan tamunya (Bapak Khafif):
Resepsionis : Terima kasih pak sudah bersedia menunggu.
Resepsionis : Terima kasih pak sudah bersedia menunggu.
Tamu : Iya tidak
apa-apa.
Resepsionis :
Sebelumnya ada keperluan apa Bapak ingin bertemu dengan kepala bagian
pemasaran?
Tamu : Saya ingin
mengundang Kepala Bagian pemasaran sebagai pemateri dalam acara
Seminar Pendidikan tentang “Pemasaran Produk” yang akan
dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya.
Receptionist :
Apakah sebelumnya Bapak sudah membuat janji dengan kepala bagian
pemasaran?
Tamu : Kebetulan
belum, karena acara ini baru dimusyawarahkan kemarin!
Receptionist :
Kalau begitu mohon Bapak tunggu sebentar, saya akan
menghubungi
Kepala bagian pemasaran dulu.
Kepala bagian pemasaran dulu.
Tamu : Iya
silahkan!
Receptionist
menelepon kepala bagian pemasaran
Receptionist :
Selamat pagi bu. Ada tamu, beliau Bapak Khafif dari Universitas
Negeri Surabaya ingin bertemu dengan Ibu. tetapi beliau belum ada
janji dengan Ibu. Apakah Ibu ada waktu untuk menemui beliau?
Ibu Kabag pemasaran
: Mohon maaf, tolong disampaikan kepada beliau, hari ini saya tidak
dapat ditemui karena saya ada keperluan ke luar kantor.
Receptionist : baik bu. lalu kapan ibu dapat ditemui beliau?
Ibu Kabag
pemasaran : Saya dapat ditemui besok pagi sekitar pukul 09.00
Receptionist : Baik
Bu nanti saya sampaikan ke bapak Khafif. terima kasih bu, selamat
pagi.
Ibu Kabag
pemasaran : iya, selamat pagi.
Resepsionis
menyampaikan pesan kepala bagian pemasaran (Aisyatur R) kepada
tamunya(Bapak Khafif).
Receptionist :
Terima kasih Pak sudah menunggu.
Tamu : Iya
Receptionist : Maaf
Pak, tadi Ibu Aisyatur R berpesan, beliau hari ini tidak dapat
ditemui karena ada keperluan di luar kantor.
Tamu : Begitu ya?
lalu kapan saya dapat bertemu dengan beliau?
Receptionist :
Beliau bisa ditemui besok pagi sekitar pukul 09.00 Pak.
Tamu : oh… kalau
begitu besok saja saya kembali lagi untuk bertemu dengan Ibu Aisyatur
R.
Receptionist : Baik
Pak, nanti saya sampaikan kepada Ibu Aisyatur R(Kepala Bagian
pemasaran).Apakah ada yang ingin disampaikan lagi?
Tamu : saya kira
cukup. kalau begitu saya mohon pamit dulu.Terima kasih atas
bantuannya.
Receptionist : Iya
sama-sama Pak.
Tamu : Selamat
pagi! (sambil bersalaman)
Receptionist :
Selamat pagi.
mana nih tautannya ibu dan unesa?
BalasHapus